September 08, 2011

Samalanga

Samalanga adalah sebuah kota kecamatan di kabupaten Bireun (dulunya masih di bawah kabupaten Aceh Utara). Samalanga berbatasan sebelah barat dengan kecamatan Muara Dua (Ulee Glee) dan sebelah timur dengan Kecamatan Mamplam ( Dulu Mamplam adalah salah satu Gampong/desa di kecamatan Samalanga.
Samalanga sangat kental dengan nuansa  religiusnya karena memang di sini terdapat beberapa Pasantren yang mempunyai santri sampai  ribuan orang. Salah satu pondok pasantren yang sangat terkenal adalah  MUDI MESRA, dimana pasantren ini telah melahirkan ulama ulama yang sangat terkenal di sekitar Aceh dan Indonesia. Letak gegrafisnya yang sangat strategis karena garis pantainya sepanjang selat malaka menjadikan kota kecil ini sangat terkenal di jaman dulu dengan hubungan kekerabatan yang begitu erat dengan Malaysia

Kondisi alam yang strategis ini mengundang kolonial belanda dan beberapa negara penjajah untuk menguasai kesultanan Samalanga saat itu. Suatu saat jika akan berniat untuk sekedar singgah ke kota kelahiran saya ini, teman teman bisa mengikuti route Jalan Medan - Banda Aceh, Setelah melewati kota Bireun, anda akan melintasi kota Peudada, seterusnya akan malewat kecamatan Jeunib, Simpang Mamplam dan baru anda memasuki Kecamatan Samalanga,. Untuk sampai ke kota kecamatannya anda harus masuk lebih kurang 2 Km sebelah kanan kalau dari arah Medan. Samalanga juga menyimpan beberapa Cagar budaya yang menjadi saksi bagaimana pesatnya perkembangan daerah tersebut dimana dulu samalanga merupakan sebuah kerajaan. Cagar budaya yang sampai saat ini masih ada.

Rumoh Aceh (Rumah Aceh)

Rumoh Aceh ini terdapat di Pusat kota Samalanga, lokasinya berhadapan dengan kantor Telkom Samalang dan bekas kantor pos Samalanga jika masih adaserta dan juga berdampingan dengan SMP Negeri Samalanga. Saya masih ingat dulu sewaktu saya masih SMP (tahun 1984 - 1987) waktu itu SMP Negeri Samalanga masih di pimpin oleh H. M. Thaib Sabon ( beliau orang tua saya sendiri), kami sering latihan drum band disitu atau sering berkumpul dengan teman teman di bawah pohon besar sewaktu jam istirahat sekolah. Banyak Teman teman SMP waktu itu juga menjadikan Rumoh Aceh ini tempat berkumpul untuk menghisap rokok (walaupun satu batang rame rame,,,,hehehe...) sampai ada yang kena razia sama guru dan kepala sekolah.


Rumoh Krueng

Rumoh Krueng adalah bekas Istana kerajaan Samalanga yang dulunya di pimpinan raja Pertamanya  Tun Sri Lanang sampai saat ini Rumoh Krueng masih berdiri setelah mengalami sedikit pemugaran untuk mencegah termakan usia. Menurut informasi yang penulis terima, Rumoh Krueng ini sudah di pugar dan sudah beberapa kali di kunjungi oleh ahli sejarah dari Malaysia dan juga ahli warisnya karena beliau sendiri adalah keturunan dari Malaysia tepatnya di Trengganu. Sejarah memang selalu mempertemukan budaya bukan sebaliknya memisahkan.


Mesjid Kuta Blang

Mesjid kuta blang ini di bangun atas gagasan dari Raja Samalanga Tun Sri Lanang pembangunannya sekitar 1750, namun di perbaharui kembali sekitar 200 tahun yang lalu.










No comments:

Post a Comment